Anugerah Musik Banyuwangi, Cara Daerah Jaring Musisi Berbakat dan Lestarikan Warisan Budaya

Anugerah Musik Banyuwangi, Cara Daerah Jaring Musisi Berbakat dan Lestarikan Warisan Budaya
Anugerah Musik Banyuwangi, Cara Daerah Jaring Musisi Berbakat dan Lestarikan Warisan Budaya

Banyuwangi milik-rakyat.com Pemkab Banyuwangi terus memberikan ruang bagi berkembangnya musik lokal daerah, salah satunya lewat ajang Anugerah Musik Banyuwangi (AMB). Event ini digelar untuk menjaring pencipta dan penyanyi lagu berbakat daerah hingga melestarikan warisan budaya bahasa Using.

Anugerah Musik Banyuwangi merupakan rangkaian event yang terdiri dari Lomba Cipta Lagu Using dan Festival Gending Using (FGU) untuk dewasa dan anak. Festival Gending Using merupakan ajang pencarian bakat bagi penyanyi baru Banyuwangi. Sementara lomba cipta lagu Using membuka dua kategori yakni cipta lagu anak dan cipta lagu tentang kebanggaan pada Banyuwangi

“Di tengah gempuran perkembangan musik yang sangat pesat terutama di era media sosial saat ini, kami ingin musik berbahasa lokal yakni Bahasa Using, tetap bisa eksis bahkan bersaing dengan genre musik lainnya. Jadi kami gelar lomba cipta lagu berbahasa Using,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, pada Senin (8/7/2024).

Baca Juga  Bupati Pemalang H Mansur Hidayat ST M.Ling Hadiri Peringatan 25 Tahun Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda

“Juga digelar lomba cipta lagu anak berbahasa Using. Ini penting, agar anak-anak menyanyikan lagu sesuai dengan usianya. Kan sekarang sudah mulai jarang kita temui lagu untuk anak-anak, jadi kita ingin mengisi kekosongan ini,” imbuh Bupati Ipuk.

Setiap tahun Banyuwangi menggelar lomba cipta lagu dan Festival Gending Using sebagai wadah untuk menjaring musisi-musisi baru daerah. Tujuannya untuk terus melestarikan lagu berbahasa Osing yang merupakan bagian dari warisan budaya yang sangat berharga.