Banyuwangi Tuan Rumah Rangkaian Konferensi Internasional Jaringan Geopark Global

Banyuwangi Tuan Rumah Rangkaian Konferensi Internasional Jaringan Geopark Global

Banyuwangi milik-rakyat.com Menjalin kerjasama global untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan dalam kerangka geopark, Banyuwangi menjadi tuan rumah pelaksanaan pre-event Geotourism Festival. Event ini adalah rangkaian event global, The 5th Geotourism Festival & International Conference 2024 yang puncaknya akan dilaksanakan di Sydney, Australia.

Geotourism Festival adalah ajang yang digelar jaringan geopark global yang fokus mengangkat isu-isu konservasi, edukasi, mitigasi bencana, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal terutama bidang geowisata.

Tahun ini rangkaian Geotourism Festival digelar di tiga tempat, yakni Ijen Geopark (29 Juni-1 Juli), Rinjani Geopark (4 Juli), dan puncaknya digelar konferensi di Sidney, Australia (18-19 Juli) dimana Bupati Ipuk Fiestiandani diundang menjadi salah satu pembicaranya. Ijen Geopark sendiri telah resmi menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG) sejak 2023 lalu.

Baca Juga  Ratusan Pesilat se-Jawa Bali Bertanding Di Kejuaraan "Banyuwangi Silat On the Beach"

“Rangkaian kegiatan Geotourism Festival menjadi ruang bersama, berkolaborasi mengembangkan program-program inovasi dan pembangunan geopark yang berkelanjutan di wilayah Asia-Pasifik,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Sebelumnya, saat pengukuhan Ijen Geopark sebagai bagian UGG, di Maroko 2023 lalu, Bupati Ipuk telah melakukan kerjasama penandatanganan Mou dengan sejumlah pengelola UGG partner dari beberapa negara. Di antaranya adalah UGGp Aso (Jepang), M’Goun (Maroko), Langkawi (Malaysia), dan Dewan Geosains Australia (Australian Geoscience Council).