Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Ajak Anak Muda Hadirkan Solusi Di Acara Nongkrongin Ilmu Bareng (NONGKIBAR)

img 20240513 wa00983358536108205558873

Banyuwangi milikrakyat.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hadir dalam “Nongkibar” (Nongkrongin Ilmu Bareng) yang digelar di Ampitheater Radio Blambangan FM, Banyuwangi, Minggu (12/05/2024). Di hadapan anak muda yang memenuhi acara itu, Ipuk mengajak mereka menghadirkan solusi.

“Saya masih menyimpan berbagai harapan anak-anak muda Banyuwangi yang dikumpulkan pada Nongkibar beberapa tahun lalu. Setahap demi setahap hal itu kami upayakan,” Ipuk mengawali ceritanya.

“Saat ini, anak-anak muda yang berkumpul di Nongkibar ini, saya ajak untuk tidak hanya berharap. Tapi, bagaimana menghadirkan solusi-solusi konkrit untuk mengatasi berbagai persoalan yang Banyuwangi hadapi,” tantang Ipuk.

Salah satu tantangan yang dihadapi daerah adalah kemiskinan. Meskipun angka kemiskinan di Banyuwangi terendah di Jawa Timur, namun hal tersebut tak bisa didiamkan. Berbagai tantangan global, berkemungkinan besar akan memunculkan kemiskinan baru.

Baca Juga  Dandim 0825/Banyuwangi, Sambut Kedatangan Pangdam V/Brawijaya Singgah Di Makodim 0825 Usai Penutupan Apel Dansat

Persoalan tersebut dilemparkan ke anak-anak muda yang rerata masih berstatus mahasiswa tersebut. Sejumlah peserta berebut mengutarakan gagasannya. Seperti halnya peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan platform digital untuk pemberdayaan ekonomi, hingga peningkatan sport tourism sebagai upaya meningkatkan potensi pariwisata.

Salah satunya adalah Frisky Eka Ramadani (24). Gagasannya adalah dengan membuka destinasi pariwisata berbasis kearifan lokal. Hal ini, menurutnya, dapat membuka lapangan pekerjaan dan bisa mengentas kemiskinan.