Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Ajak Tenaga Pendidikan Gotong Royong Untuk Pengentasan Anak Tidak Sekolah

img 20240402 wa00583695060743990371614

BANYUWANGI milikrakyat.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak para tenaga pendidikan untuk bergotong royong dan berperan aktif dalam upaya pengentasan anak tidak sekolah di Banyuwangi.

“Saya minta semua tenaga pendidikan ikut membantu menuntaskan permasalahan anak tidak sekolah. Baik yang putus sekolah, tidak melanjutkan sekolah, maupun yang sama sekali memang belum pernah bersekolah,” kata Bupati Ipuk saat memberikan pengarahan kepada 36 tenaga pendidik, di ruang rapat Rempeg Jogopati, pada Senin sore (01/04/2024).

Para tenaga pendidikan tersebut terdiri atas pengawas dan koordinator wilayah kerja satuan pendidikan (korwilkersatdik) yang baru saja menerima SK penugasan dari Bupati Ipuk.

Bupati Ipuk menjelaskan, bahwa salah satu masalah pendidikan sendiri yang terus digenjot adalah penurunan angka Anak Tidak Sekolah (ATS). Hingga 26 Januari 2024, terdata ada 2.909 anak terkategori ATS. Ini mengalami penurunan signifikan jika dibanding data per September 2023 yang mencapai 5.420 anak.

Baca Juga  Gelombang Tinggi di Pantai Muncar Mengakibatkan Puluhan Rumah Tergenang

“Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang sama-sama bahu membahu melakukan penetrasi signifikan dalam menurunkan jumlah anak tidak sekolah ini,” ungkap Ipuk.

Ipuk mengajak agar para stake holder pendidikan meningkatkan kepeduliannya terhadap masalah ini. Jika ada anak-anak, termasuk anak-anak difabel, yang tidak bersekolah, untuk segera diinformasikan dan dikoordinasikan dengan kepala desa, lurah, atau camat setempat agar bisa segera ditangani.