Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Melaksanakan Program Ngantor Di Desa (Bunga Desa)

img 20240528 wa01668974704846224064325

Banyuwangi milikrakyat.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kembali melaksanakan program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa). Kali ini Bupati Ipuk berkantor di dua desa sekaligus yakni Desa Sumberarum dan Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, pada Selasa (28/05/2024).

Di dua desa ini, Bupati Ipuk menggeber program penguatan ekonomi arus bawah. Seperti di Desa Sumberarum, Bupati bertemu dengan tiga ibu yang menjadi tulang punggung keluarga, yaitu Halimah, Suliyana, dan Khusnul Hotimah.

Mereka masing-masing memiliki usaha kecil yang menjadi sumber penghidupan sehari-sehari. Kepada mereka Bupati Ipuk menyalurkan program bantuan alat usaha “Kanggo Riko”.

Kanggo Riko yang dalam bahasa Osing berarti ”Untuk Anda”, merupakan program yang fokus memberdayakan ribuan warga miskin, dengan menggelontorkan dana penguatan ekonomi bagi rumah tangga miskin (RTM) yang sedang merintis usaha atau berniat meningkatkan usahanya.

Baca Juga  Bertekad Raih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Kanwil Kemenkuham Kepulauan Riau Studi Tiru Ke Lapas Banyuwangi

Penerima program ini masing-masing mendapatkan Rp2,5 juta lewat Anggaran Dana Desa (ADD), disesuaikan dengan kebutuhan usaha mereka.

“Program ini 60 persen lebih sasarannya perempuan kepala rumah tangga. Tidak hanya bantuan alat usaha,” kata Bupati Ipuk.

“Semoga dengan bantuan ini, usaha dari ibu-ibu hebat ini bisa makin berkembang dan bisa memenuhi kebutuhan keluarga,” imbuhnya.

Selain menyalurkan bantuan Kanggo Riko, di desa ini Bupati juga memberikan bantuan alat usaha untuk warung rakyat dalam program Warung Naik Kelas (Wenak).