Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Raih Manggala Karya Kencana Dari BKKBN

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Raih Manggala Karya Kencana Dari BKKBN

Banyuwangi milik-rakyat.com Kiprah Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam menata program Keluarga Berencana (KB) di daerahnya mendapatkan apresiasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Hal ini ditandai dengan penganugerahan Penghargaan Manggala Karya Kencana di Semarang, pada Jumat (28/06/2024).

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyematkan langsung penghargaan tersebut kepada Ipuk Fiestiandani. Bersama sejumlah kepala daerah dan sejumlah tokoh lainnya yang dinilai memiliki dedikasi tinggi dalam bidang penanganan kependudukan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para kepala daerah yang telah turut berjibaku mengatasi persoalan-persoalan kependudukan ini,” ujarnya.

Saat ini, imbuh Hasto, Keluarga Berencana (KB) tidak semata perihal menekan angka kelahiran. Namun, bagaimana mewujudkan ketahanan keluarga yang berkualitas. Hal tersebut menuntut penangan yang komprehensif dari pra-nikah hingga proses merawat tumbuh kembang buah hatinya kelak.

Baca Juga  Kunjungi Desa Wisata Adat Using Kemiren, Menteri Sandiaga: Pengalaman World Class Tourism

“Bersama-sama dengan bapak ibu di daerah, kami melakukan intervensi variabel atau faktor yang efektif untuk mencegah potensi stunting baru. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) atau prematur, juga pengetahuan atau pendidikan ibu,” paparnya.

Bupati Ipuk sendiri menyambut bahagia penghargaan tersebut. Hal ini adalah pelecut semangat bagi seluruh stakeholder yang turut serta menyukseskan program Keluarga Berencana.