Bupati Ipuk: Notaris Mitra Strategis Pemerintah Dalam Pembangunan Daerah

Bupati Ipuk: Notaris Mitra Strategis Pemerintah Dalam Pembangunan Daerah
Bupati Ipuk: Notaris Mitra Strategis Pemerintah Dalam Pembangunan Daerah

Banyuwangi milik-rakyat.com Selain peran pentingnya di bidang hukum, Notaris juga menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam membangun Banyuwangi. Salah satunya untuk menciptakan iklim investasi daerah yang kondusif, hingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Notaris memiliki tanggung jawab besar, memastikan legalitas dokumen dalam berbagai transaksi baik terkait pertanahan dan yang lainnya. Dengan legalitas yang terjamin, setiap transaksi dapat berjalan dengan lancar dan aman sehingga kepercayaan masyarakat dan investor terhadap daerah akan semakin meningkat,” kata Bupati Ipuk Fiestiandani, usai menyaksikan pelantikan Pengurus Daerah Banyuwangi Ikatan Notaris Indonesia (INI), di Pendopo Sabha Swagata, pada Rabu (3/7/2024).

Bupati Ipuk mengatakan, peran notaris dalam memastikan legalitas dokumen juga sangat erat dengan upaya melindungi masyarakat dari pemalsuan dan penipuan. Selama ini, masih terjadi sengketa lahan karena adanya double akte dokumen kepemilikan yang sangat merugikan warga.

Baca Juga  Ratusan Pesilat se-Jawa Bali Bertanding Di Kejuaraan "Banyuwangi Silat On the Beach"

“Kami berharap notaris menjadi garda terdepan dalam melindungi masyarakat Banyuwangi terutama yang lemah, agar hak-hak mereka tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” pinta Bupati Ipuk.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk juga mengajak para notaris untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendukung pembangunan daerah. Diantaranya memberikan pendampingan kepada UMKM agar memiliki legalitas yang kuat, memberikan edukasi hukum bagi masyarakat dan juga pemerintah tentang pentingnya legalitas dokumen dan prosedur hukum.