Caleg Demokrat di Banyuwangi Laporkan Dugaan Perpindahan Suara

Caleg Demokrat di Banyuwangi Laporkan Dugaan Perpindahan Suara

Banyuwangi milikrakyat.com

Calon legislatif (caleg) Partai Demokrat Banyuwangi, Ricco Antar Budaya, melaporkan adanya dugaan perpindahan perolehan suara di internal caleg Demokrat dapil I ke Bawaslu Banyuwangi.

Ditemukan ada dugaan perpindahan suara dari satu caleg ke caleg lain yang merugikan Ricco. Sebab, dengan kejadian ini jumlah suara Ricco tidak lagi unggul dibanding sesama caleg dapil I Partai Demokrat.

Tim teknis Ricco Antar Budaya, Rimang Barsoro menyatakan, dugaan perpindahan suara itu diduga terjadi di wilayah Kecamatan Kabat. Indikasi ini diketahui saat dirinya mendapatkan salinan D Hasil atau hasil pleno Kecamatan Kabat pada Kamis, 22 Februari 2024 malam.

“Dari salinan itu saya melihat ada perbedaan yang begitu jauh dan signifikan antara data yang saya punya dengan data hasil pleno Kecamatan Kabat,” jelasnya, Jumat, 23 Februari 2024.

Baca Juga  Sat Narkoba Polres Simalungun Bongkar Jaringan Narkoba di Dolok Batu Nanggar

Dia pun berinisiatif mengecek data internal yang dimiliki yang mengacu pada C Plano yang didapatkanya dari di website pemilu2024.kpu.go,id. Karena di laman tersebut menurutnya setiap TPS mengupload C Plano.

“Dari situ saya mendowload semua C plano se-Kecamatan Kabat dan se-dapil I untuk bahan pembanding,” katanya.

Hasilnya, dia menemukan dugaan perpindahan perolehan suara itu. Namun perpindahan suara ini tidak mempengaruhi suara yang didapat Partai Demokrat. Sebab, perpindahan hanya dari satu caleg ke caleg yang lain di dalam dapil I tersebut.