Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi Yang Ke -666 Tahun, Pemerintah Kabupaten Ngawi Menggelar Acara Jamasan dan Kirab Pusaka.

Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi Yang Ke -666 Tahun, Pemerintah Kabupaten Ngawi Menggelar Acara Jamasan dan Kirab Pusaka.

Ngawi milik-rakyat.com Acara ini di hadiri oleh Bupati Ngawi,Ony Anwar Harsono, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Djatmiko, serta Forkopimda Kabupaten Ngawi.
Kirab Dan Tradisi Rutin Setiap Tahun.
Kirab dan tradisi Rutin setiap tahun di gelar saat hari lahir nya ngawi,Acara Ini di adakan di alun² Ngawi dan Posko IKN Kortoyono Polres Ngawi.Kirab pusaka merupakan penjemputan Pusaka di Pendopo Ngawi Purba dan dibawa kembali ke Pendopo Widya Graha untuk dilakukan jamasan pusaka.

IMG 20240702 WA0033

Hal ini dilakukan sebagaimana wujud menghargai peninggalan karya seni budaya leluhur nenek moyang.
Pusaka yang Dikarak Pusaka yang dikirabkan antara lain Tombak Kiai Singkir beserta Songsong Agung Tunggul Warono, serta Pusaka Tombak Kiai Songgo Langit beserta Songsong Agung Tunggul Wulung. Setiap pusaka memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi bagi masyarakat Ngawi.

Rute kirab pusaka dimulai dari Pendopo Widya Graha sebagai titik start, melalui jalan tengah Alun-alun Merdeka, Jalan Yos Sudarso, Perempatan Kartonyono, hingga berakhir di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi.

Baca Juga  Satgas Lattek WJY/XXII Sukses Laksanakan Serangkaian Latihan Peran Di Lautan Luas

Kemeriahan Acara Acara kirab pusaka ini dimeriahkan oleh Drumband Akademi Angkatan Laut “Genderang Seruling Gita Jala Taruna”. Penampilan drumband ini menambah semarak suasana dan menarik antusias warga Kabupaten Ngawi yang menyaksikan di sepanjang rute kirab.

Antusias Warga Acara ini mendapatkan sambutan yang meriah dari warga Kabupaten Ngawi. Ratusan warga tumpah ruah di sepanjang rute kirab untuk menyaksikan pusaka-pusaka kebanggaan mereka dan ikut serta dalam perayaan yang penuh makna ini.