DAMKARMAT Banyuwangi Tambah Pos Sektor Kebakaran di Wilayah Banyuwangi Selatan Untuk Percepat Jangkauan

img 20240507 wa01703935566167322336294

Banyuwangi milikrakyat.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Banyuwangi, menambah satu pos sektor untuk mempercepat jangkauan bila terjadi kebakaran. Sektor tambahan itu berada di Kecamatan Bangorejo.

Dengan tambahan satu pos sektor tersebut, Banyuwangi memiliki satu markas utama dan tiga pos sektor. Markas utama berada di wilayah Kecamatan Banyuwangi. Sebelum Bangorejo, dua pos sektor lainnya telah lebih dulu ada yakni di Kecamatan Genteng dan Srono.

Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan Banyuwangi Yoppy Bayu Irawan menjelaskan, pos sektor Bangorejo telah beroperasi mulai 2 Mei lalu. Sektor ini memiliki masing-masing satu unit mobil water supply pemadam dan mobil rescue.

Mobil water supply pemadam digunakan apabila terjadi laporan kebakaran di wilayah Bangorejo dan sekitarnya. Sementara mobil rescue dipakai untuk evakuasi bila ada laporan warga yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga  Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Adakan Bukber Serta Diskusi Program

“Untuk personil, ada lima orang yang bertugas di sektor tersebut,” kata Yoppy, pada Selasa (07/05/2024).

Kepala Bidang Pencegahan Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi Agus Supriyanto menambahkan, wilayah pos sektor Bangorejo tak hanya melayani satu kecamatan. Sektor itu juga akan menjangkau laporan di wilayah kecamatan sekitarnya, yang mayoritas berada di wilayah Banyuwangi selatan.

“Wilayah-wilayah ini sebelumnya ditangani oleh sektor Genteng,” ucap Agus.