Di Serahkan Langsung Presiden Jokowi, Banyuwangi Raih Penghargaan Kabupaten Dengan SPBE Terbaik

img 20240528 wa01158261347360206039951

Banyuwangi milikrakyat.com – Upaya Banyuwangi dalam melakukan digitalisasi pelayanan publik mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Kabupaten Banyuwangi ditetapkan sebagai kabupaten terbaik dalam indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (27/05/2024).

Pada evaluasi SPBE ini, Banyuwangi mendapatkan indeks sebesar 4,50 dari skala 5 atau yang tertinggi untuk kategori kabupaten seluruh Indonesia. Penilaian SPBE terdiri atas 47 indikator yang membentuk ekosistem digital di suatu instansi. Penilaian dilakukan dengan melibatkan 30 perguruan tinggi untuk menjamin prinsip independen dan obyektif, yang lalu difinalisasi oleh Tim Koordinasi SPBE Nasional yang terdiri atas Kementerian Kominfo, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, BSSN, dan BRIN.

Baca Juga  Acara Lepas Sambut Dandim 0825/Banyuwangi Jajaran Bersama Forkopimda Di Pantai Boom Marina

Sejumlah indikator yang dinilai antara lain perencanaan strategis, inovasi proses bisnis, manajemen data, audit keamanan, pengadaan barang/jasa berbasis elektronik, layanan pengaduan publik, pemantauan kinerja pegawai, manajemen aset, kolaborasi penerapan SPBE, hingga layanan publik sektoral seperti untuk pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Banyuwangi unggul pada seluruh domain penilaiannya. Pada domain kebijakan meraih 4,70; domain tata kelola 4,20; domain manajemen 3,91; dan domain layanan 4,82.

Bupati Ipuk bersyukur Banyuwangi kembali mendapatkan penilaian baik pada evaluasi SPBE.