Dukung Pembangunan Berbasis Data, Politeknik Banyuwangi Bikin Pojok Statistik

img 20240606 wa01022383367837897312449

Banyuwangi milikrakyat.com – Data telah menjadi bagian penting dalam pembangunan di Banyuwangi.

Mendukung apa yang dilakukan Banyuwangi terkait pemanfaatan data, Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi), membuat Pojok Statistik yang diresmikan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, pada Kamis (06/06/2024).

Pojok Statistik merupakan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kampus Poliwangi.

“Selama ini kebijakan dan program-program Banyuwangi harus berbasis data, sehingga bisa tepat sasaran. Sayq berharap selain menjadi bahan pembelajaran untuk civitas akademika Poliwangi, Pojok Statistik ini bisa membantu pemerintah untuk pemenuhan data yang bisa dijadikan pijakan pembangunan daerah,” kata Ipuk.

Pojok Statistik berada di Gedung Kuliah Terpadu Rempeg Jogopati, tepatnya di ruangan di lantai tiga. Ruangan tersebut memiliki fasilitas antara lain tempat duduk yang nyaman bagi pengunjung. Terdapat juga perangkat komputer yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai data digital tentang Banyuwangi.

Baca Juga  Tulang Rusuk Yang Diciptakan Namun Belum Disatukan

“Dibukanya Pojok Statistik ini menjadi bagian dari kampus untuk menyediakan data statistik yang terintegrasi dan mudah diakses,” tutur Ipuk.

Ipuk mengatakan dengan data yang lebih akurat, para dosen dan mahasiswa akan mampu membuat bahan penelitian yang kredibel. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk membantu pemerintah dalam menyusun dan membuat sebuah kebijakan.