Forum Dewan Smart City, Banyuwangi Perkuat Smart Kampung untuk Maturitas Perkotaan

Forum Dewan Smart City, Banyuwangi Perkuat Smart Kampung untuk Maturitas Perkotaan

Banyuwangi milik-rakyat.com Kabupaten Banyuwangi menggelar forum pertemuan Dewan Smart City. Dalam forum tersebut membahas upaya-upaya penguatan Smart Kampung sebagai platform untuk mempermudah berbagai pelayanan yang berbasis teknologi digital di Banyuwangi.

Forum Smart City 2024 yang berlangsung di Aula Minak Jinggo tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono, pada Kamis (20/06/2024). Acara tersebut diikuti oleh puluhan anggota Dewan Smartcity daerah yang berasal dari Pemkab Banyuwangi, perwakilan lembaga vertikal, perguruan tinggi, sektor swasta dan unsur masyarakat.

Acara tersebut menghadirkan narasumber ahli Smart City, di antaranya Prof. DR. Rini Rachmawati dari Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi UGM, serta dari APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) Jawa Timur, Ayom Rahwana.

Baca Juga  Wujud Peran Aktif Babinsa Dampingi Penyaluran Program BPNT

Sekda Mujiono mengatakan Forum Smart City 2024 digelar untuk mengidentifikasi strategi terbaik dan memperkuat kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat dalam upaya memperkuat layanan kota yang berbasis teknologi digital. Dengan kerja sama tersebut diharapkan bisa mempercepat proses digitalisasi, meningkatkan pelayanan publk dan ujungnya meningkatkan kualitas hidup warga Banyuwangi.

“Forum ini kita harapkan sebagai ajang untuk mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan, dan apa yang perlu kita lakukan bersama untuk meningkatkan layanan di Banyuwangi dengan memanfaatkan TIK. Tentunya ini semua dalam kerangka Smart Kampung yang telah menjadi komitmen kita bersama,” kata Mujiono.

Penulis: Wahyu WijayaEditor: Team Redaksi