Gelombang Tinggi di Pantai Muncar Mengakibatkan Puluhan Rumah Tergenang

img 20240408 wa00774205096402078839313

Banyuwangi milikrakyat.com – Gelombang tinggi yang disertai pasang air laut menerjang wilayah Pantai Muncar, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Akibatnya, dilaporkan tiga bangunan rusak parah oleh hantaman ombak yang mencapai ketinggian 2-4 meter, selain itu puluhan rumah warga pesisir tergenang air Laut, Senin 8/4/2024.

Kejadian ini terjadi di kawasan Brak Kalimoro dan Kampung Sampangan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, yang merupakan daerah pantai langsung berhadapan dengan air laut. Hantaman gelombang yang kuat ini menyebabkan air laut meluap ke permukiman warga, mengakibatkan puluhan rumah tergenang.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Ade Setiawan, menyatakan bahwa meskipun tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materiil bagi warga diperkirakan cukup signifikan. “Air laut menghantam bibir pantai dan naik ke daratan mengakibatkan genangan mencapai 30-50 centimeter,” ungkap Ade Setiawan.

Baca Juga  Bertekad Raih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Kanwil Kemenkuham Kepulauan Riau Studi Tiru Ke Lapas Banyuwangi

Selain itu, kawasan Pantai Wisata Satelit dan Gumuk Kantong, Kecamatan Muncar juga terdampak oleh ombak besar ini. Akibatnya, kedua tempat wisata tersebut terpaksa harus ditutup sementara waktu. “Tidak ada kerusakan di wisata Gumuk Kantong, tapi air laut naik hingga menggenangi kawasan wisata. Sementara, Pantai Satelit juga tutup karena ombak besar kerap naik ke daratan,” terangnya.

Pihak BPBD Banyuwangi bersama dengan satuan pengaman TNI/Polri dan masyarakat terus memantau perkembangan kejadian ini. Meskipun belum ada laporan korban jiwa, namun antisipasi dan tindakan tanggap darurat tetap diperlukan untuk mengurangi kerugian lebih lanjut yang mungkin timbul akibat fenomena alam ini.(Red/Ipul)