Hikmah Puasa Ramadhan: Memahami Filosofi Serta Kedalaman Makna Di Balik Ibadah Puasa

doa puasa syawal yang jika dikerjakan pahalanya seperti setahun penuh5784075819462924721 1

Banyuwangi milikrakyat.com – Hikmah puasa Ramadhan yang paling utama adalah memperbanyak amal dan membentuk kepribadian muslim yang bertaqwa.

Karena itu, ibadah ini tidak terbatas hanya menahan lapar dan dahaga serta syahwat dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Tapi ada hikmah dan filosofi atau makna yang terkandung dalam ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. 

Hal terberat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan justru mengendalikan hati, pikiran, dan anggota badan dari hal-hal yang bisa menimbulkan dosa. Misalnya mengendalikan hati dari iri dan dengki, mengendalikan pikiran dari prasangka buruk, atau menahan pandangan mata dari sesuatu yang menimbulkan syahwat.

Sejatinya setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT tentunya memiliki hikmah dengan pemahanan filosofi dan makna mendalam yang perlu umat Islam pahami dan mengerti. Sehingga ketika melakukan ibadah puasa Ramadan tidak hanya ikut-ikutan saja.

Baca Juga  Polresta Banyuwangi Berhasil Ungkap Kasus Narkoba Besar 3 Tersangka Diamankan

Karena dalam melaksanakan ibadah ini, seorang muslim harus memiliki niat yang kuat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta berusaha meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Hamin 4 mendekati Hari Raya Idul Fitri juga disebut Lebaran, bagi masyarakat Indonesia bukan hanya dimaknai hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Akan tetapi lebih jauh dimaknai Idul atau id berarti kembali dan al fitri bermakna suci.Jadi Idul Fitri juga diartikan sebagai kembali pada kesucian, dimana sebulan penuh umat islam menahan lapar dan dahaga juga berusaha sekuat tenaga mengekang hawa nafsu dan apapun yang membatalkan puasa.