Jurus Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Perkuat Program Serta Hak Disabilitas

bupati banyuwangi ipuk fiestiandani memanfaatkan momen lebaran untuk bersilaturahmi dengan banyak kalangan salah satunya ipuk 8580584724702070016
foto Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi milikrakyat.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memanfaatkan momen Lebaran untuk bersilaturahmi dengan banyak kalangan. Salah satunya, Ipuk menggelar halalbihalal bersama para disabilitas di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Banyuwangi.

“Ini adalah kegiatan yang memang sudah lama kami rencanakan. Di momen Lebaran, kami ingin sekali berbagi kebahagiaan bersama teman-teman difabel,” ujar Ipuk dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2024).

Lewat momen ini, Ipuk memberikan para disabilitas sejumlah motivasi. Ia meyakini di balik keterbatasan disabilitas, terdapat potensi yang bisa digali dan dikembangkan lebih lanjut.

“Teman-teman harus percaya diri. Untuk menjadi yang terbaik tidak harus menunggu sempurna. Tetap semangat, asah terus kemampuan dan keahlian kalian sehingga bisa berkembang sesuai dengan potensi yang kalian miliki,” ucapnya.

Baca Juga  Komunitas Forum Jurnalist Pamekasan Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran

Ipuk menegaskan Pemkab Banyuwangi berkomitmen dalam memberikan hak-hak disabilitas. Dirinya meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat bersinergi memberikan dukungan dalam pemenuhan hak-hak dasar bagi mereka. Mulai dari hak pendidikan, kesehatan, hak sipil, hingga dukungan sosial.

Lebih lanjut, Ipuk mengungkapkan saat ini Pemkab Banyuwangi telah menggulirkan berbagai program pro-difabel. Untuk bidang pendidikan, Pemkab Banyuwangi diketahui menghadirkan program Agage Pintar yang mewajibkan sekolah menerima pendaftaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) hingga beasiswa Banyuwangi Cerdas bagi siswa difabel yang berprestasi.