Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Gelar Diskusi Untuk Tingkatkan Kualitas Jurnalis Sebagai Fungsi Kontrol Demi Kemajuan Banyuwangi

img 20240608 wa01301789680897410466863

Banyuwangi milikrakyat.com – Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Wilayah Banyuwangi menggelar acara diskusi “Pojok KJJT”, bertajuk “Peran Pers dalam Kontrol Sosial, Sejauh Mana Mampu Mendukung Kemajuan Banyuwangi?”.

Bertempat di kantor Sekretariat KJJT, Jalan Ikan Arwana Gang 1, Kelurahan Kertosari. Diskusi yang diadakan pada Sabtu (8/6/2024) siang itu, menarik perhatian banyak jurnalis lokal untuk berbagi pengalaman dan wawasan demi peningkatan kualitas jurnalistik di wilayah tersebut.

img 20240608 wa0132728259577815493319

Diskusi ini menghadirkan narasumber seperti Muhibut Taibari (Pimred Media), Suripto Wijaya, SH. (Praktisi Hukum), dan Ricky Sulivan selaku ketua KJJT Banyuwangi. Kehadiran Setyo dari Humas Polresta Banyuwangi semakin menambah bobot diskusi.

Ketua KJJT Wilayah Banyuwangi, Ricky Sulivan yang akrab dipanggil Erik, menyampaikan bahwa diskusi ini terbuka untuk semua jurnalis dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan, sekaligus meningkatkan manajemen perusahaan pers agar lebih baik sesuai aturan Dewan Pers. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas jurnalistik baik dari aspek penulisan maupun pemahaman aspek hukum. Erik menegaskan bahwa pers adalah pilar keempat demokrasi yang berperan sebagai pengawas sosial dan kontrol atas kebijakan publik.

Baca Juga  Bupati Pemalang H Mansur Hidayat ST M.Ling Hadiri Peringatan 25 Tahun Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda

“Namun, peran fungsi kontrol ini sering dipertanyakan. Kami menyadari bahwa jurnalis cenderung terjebak dalam pemberitaan dangkal dan sensasional dibandingkan liputan mendalam mengenai isu-isu penting seperti kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan. Ini menjadi evaluasi bagi kami,” ujar Erik.