LANAL Banyuwangi Gelar Penyambutan Serta Peresmian KAL Sembulung II Turut hadir Wabup Banyuwangi H. Sugira

LANAL Banyuwangi Gelar Penyambutan Serta Peresmian KAL Sembulung II Turut hadir Wabup Banyuwangi H. Sugira

BANYUWANGI milikrakyat.com – Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugira menghadiri acara penyambutan dan peresmian Kal Sembulung II – 54 LANAL Banyuwangi 2 April 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Dermaga PT Pusri Bulusan-Kalipuro, Banyuwangi tersebut diikuti dan diresmikan langsung oleh Wakil Bupati H. Sugira, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi (Danlanal) Letkol Laut (P) Hafidz, Forkopimda dan Pimpinan Instansi Vertikal.

Dalam pelaksanaannya, acara diawali dengan membacakan sejarah singkat Kal Sembulung II – 54 KAL ini, merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut (TNI AL). Salah satunya merencanakan strategi yang siap menjaga keamanan dan menegakkan hukum di laut.
Nama Sembulungan diambil dari nama pantai yang ada di banyuwangi, jawa timur.

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal
menyampaikan bahwa kapal ini dibuat untuk kepentingan patroli di Lanal-lanal sebagai patroli keamanan wilayah laut. “ dimana perairan Indonesia adalah perairan kepulauan sehingga justru kapal-kapal inilah yang dibutuhkan di perairan-perairan sempit”, ungkapnya.

Baca Juga  Audiensi di DPRD Terkait Polemik Peminjaman Ambulans oleh Warga Paowan hampir Terjadi Deadlock

Danlantamal menambahkan bahwa keunggulan dari kapal ini yaitu dibuat dengan bahan alumunium, memiliki kecepatan yang lebih baik dari kapal sebelumnya. Serta memiliki persenjataan dan peralatan navigasi yang lebih modern.