Masyarakat Bakungan Gelar Tradisi Ritual Adat Seblang Warisan Nenek Moyang Ratusan Tahun

Masyarakat Bakungan Gelar Tradisi Ritual Adat Seblang Warisan Nenek Moyang Ratusan Tahun

Banyuwangi milik-rakyat.com Seblang Bakungan merupakan sebuah tarian magis yang dibawakan oleh seorang wanita tua dalam kondisi kehilangan kesadaran.

Ritual adat Seblang kali ini, menampilkan mbah Isni (52) yang menjadi penari seblang, bertempat di balai sanggar Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah,(23/6/24).

Sebelum acara ritual seblang berlangsung, masyarakat bakungan dalam hal ini melantunkan doa di masjid.Seusai magrib, lampu di matikan dan para pemangku dari beberapa lingkungan berkeliling ider bumi memutari wilayah Kelurahan membawa obor sambil melantukan sholawat.

Setelah itu, selesai ider bumi, lampu di hidupkan kembali. Masyarakat bakungan langsung melaksanakan selamatan kampung, setiap rumah mengeluarkan makanan khas using pecel pitik, di makan bersama sama di pinggir jalan sepanjang jalan kelurahan hingga balai sanggar.

Baca Juga  Dua Rumah Mengalami Kerusakan Cukup Parah Usai Tertimpa Pohon Tumbang di Kalibaru Banyuwangi, Seperti Ini Kronologinya

Sementara itu, Ketua Adat Bakungan, Heri Purwoko mengatakan, tradisi ini digelar setiap satu minggu setelah hari raya Idul Adha. Kami selaku pemangku adat senangtiasa melaksanakan tradisi warisan nenek moyang yang sudah ada turun temurun hampir ratusan tahun yang lalu.

“Ritual ini, juga sebagai tolak balak kampung agar masyarakat bakungan selalu diberi kelancaran dan keberkahan dalam menjalani kehidupan,”  kata Heri Purwoko.

Lebih lanjut Seusai sholat isya, prosesi ritual seblang dilaksanakan dengan diawali sambutan dari Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani. Ia menyampaikan, bahwa tradisi adat seperti seblang ini harus di lestarikan, dijaga dan dirawat agar tidak punah dan tradisi ini bisa menjadi identitas jati diri wilayah kampungnya.

Penulis: Hevy Kurniawan Editor: Redaksi pelaksana