Mengapa Anda harus membersihkan jaringan rumah dan mengaudit cadangan Anda

Mengapa Anda harus membersihkan jaringan rumah dan mengaudit cadangan Anda

Stik USB vs. perangkat cloud vs. perangkat NAS

NAS dan penyimpanan cloud memiliki keunggulan dibandingkan stik USB dan DVD karena data disimpan hampir tanpa jaminan. Jika thumb drive atau DVD Anda dicuri atau mengalami kerusakan fisik, data di dalamnya akan hilang. Jika disk di NAS gagal, konten sering kali dicerminkan di drive kedua (RAID) periksa apakah NAS Anda memiliki fungsionalitas RAID.

Sementara itu, data yang disimpan di cloud dicerminkan berkali-kali dan hanya hilang dalam peristiwa yang sangat tidak terduga. Selain itu, dalam banyak kasus, data dapat diakses dengan mudah dari mana saja di dunia dan dari luar jaringan rumah Anda.

Tapi justru di situlah letak masalahnya bagi orang-orang yang sadar keamanan dan privasi: data berada di luar jaringan Anda, dan sebagai pengguna Anda harus mempercayai penyedia layanan Anda untuk perlindungan dan kerahasiaan data Anda. Jika menggunakan penyimpanan cloud, lakukan “ke tangan Anda sendiri” dan enkripsi data sebelum mengunggahnya ke cloud.

Baca Juga  5 Hal Luar Biasa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Crypto di tahun 2023

Cadangan lokal

Opsi pencadangan lokal mencakup semua media yang “terlihat”, seperti stik USB, hard drive USB, CD/DVD, perangkat NAS, dll. Ini mudah dikontrol dan disembunyikan jika perlu, tetapi juga memiliki kelemahan. Kecuali untuk NAS, kami tidak memiliki atau hampir tidak ada redudansi (otomatis), seperti fungsi RAID, yaitu fail-safety.

Selain itu, Anda harus berhati-hati karena media cadangan selalu terhubung ke komputer atau ponsel cerdas (melalui jaringan). Ransomware yang menyerang sistem Anda juga dapat mencoba menyusupi media penyimpanan yang terhubung.