Merayakan Tradisi Budaya dan Kebersamaan Warga Dusun Taman Sari Banjarmulya Pemalang

Merayakan Tradisi Budaya dan Kebersamaan Warga Dusun Taman Sari Banjarmulya Pemalang
Merayakan Tradisi Budaya dan Kebersamaan Warga Dusun Taman Sari Banjarmulya Pemalang

Pemalang milik-rakyat.com Warga Dusun Taman Sari Desa Banjarmulya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Kembali semarak dengan perayaan Grebeg Suro 2024, dengan mengambil tema “Nguri-Nguri Adat Budoyo Ing Natah Jowo” pada Sabtu (6/7/2024) sore.

Acara tahunan ini menjadi momen istimewa bagi masyarakat dusun Tamansari untuk berkumpul, merayakan tradisi, dan memperkuat rasa kebersamaan.

Karnaval budaya menjadi salah satu acara utama dalam rangkaian Grebeg Suro. Ratusan warga, baik tua, muda, maupun anak-anak, tumpah ruah ke jalanan untuk menyaksikan dan mengikuti berbagai kegiatan seperti kostum tradisional, dan pertunjukan musik menghibur para penonton.

Semangat Grebeg Suro terasa kental dalam setiap langkah para peserta karnaval. Senyum ceria dan tawa riang menghiasi wajah mereka, menandakan kebahagiaan dan rasa syukur atas limpahan berkah yang diterima.

Baca Juga  Ngawi Rayakan Hari Jadi Ke-666: Bersatu Dalam Logo, Bersinergi Membangun

Selain karnaval, berbagai acara lain juga diadakan dalam rangka Grebeg Suro, seperti doa bersama, Istighosah serta santunan kepada 7 anak yatim dan 31 kaum dhuafa.

Acara-acara ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai religius dan spiritual masyarakat, serta untuk memohon keselamatan dan keberkahan bagi desa dan seluruh penduduknya.

Grebeg Suro bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat identitas budaya masyarakat di Dusun Tamansari.