Ngantor Di Desa Kaki Gunung Raung Bupati Ipuk Optimalkan Potensi Pertanian Hingga Cek Layanan Kesehatan Warga

img 20240509 wa00878842828583558483195

Banyuwangi milikrakyat.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kembali melaksanakan program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa). Kali ini, Bupati Ipuk Ngantor di Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, pada Rabu (08/05/2024).

Di desa ini, Bupati Ipuk menggali berbagai potensi untuk didukung dan dikembangkan lebih lanjut, terutama di sektor pertanian memiliki beragam komoditas yang menjadi potensi andalan.

Desa Banyuanyar terletak di lereng Gunung Raung memiliki hawa yang sejuk, sehingga sangat cocok untuk pengembangan berbagai komoditas pertanian. Seperti kopi, sayur mayur, buah-buahan, hingga hewan ternak khususnya domba, serta beragam potensi lainnya.

Bupati Ipuk bertemu dan berdialog dengan kelompok peternak domba. Desa ini dikenal sebagai salah satu sentra domba di Banyuwangi. Terdapat total populasi domba sekitar 5.000 ekor. Ada domba Sopas, Dormas, juga ras ekor gemuk.

Baca Juga  Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Serukan Aksi Solidaritas Sesama Profesi Atas Kematian Anak Seorang Wartawan

“Ini bagus. Kami akan minta dinas pertanian untuk mendampingi terus, dan memberikan pelatihan-pelatihan bagi para peternak. Misalnya pelatihan pembuatan kompos ataupun pembuatan pakan ternak,” ujar Bupati Ipuk saat mengunjungi paguyuban ternak domba di desa tersebut.

Banyuanyar juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Luasan kebun kopi rakyat di desa ini mencapai 50,82 ha dengan produksi antara 3 kwintal hingga 1,5 ton. Di desa ini, juga memiliki kopi andalan yakni kopi Yellow dan Orange Bourbound. Biji kopinya berwarna kuning dan orange yang merupakan biji kopi peninggalan zaman Belanda.