Optimalkan Layanan Berbasis HAM, Lapas Banyuwangi Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat

Optimalkan Layanan Berbasis HAM, Lapas Banyuwangi Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat

Banyuwangi milik-rakyat.com Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi bekerjasama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana setempat menggelar pelatihan bahasa isyarat bagi para petugas, Sabtu (29/6).

IMG 20240629 WA0120

Pelatihan yang digelar di Aula Sahardjo itu menghadirkan dua instruktur yang mahir dalam mengaplikasikan bahasa isyarat.

IMG 20240629 WA0118

Langkah ini merupakan bentuk komitmen Lapas Banyuwangi dalam mengoptimalkan pelayanan berbasis hak asasi manusia (HAM) bagi masyarakat maupun Warga Binaan. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono.

Menurutnya, masyarakat maupun Warga Binaan berhak untuk mendapatkan informasi mengenai layanan yang ada di Lapas Banyuwangi. Melalui pelatihan bahasa isyarat, diharapkan para petugas mampu memberikan informasi kepada masyarakat maupun Warga Binaan yang berkebutuhan khusus.

Baca Juga  Lapas Banyuwangi Terima Kunjungan Kerja Hakim WasMat Pengadilan Negeri Banyuwangi

“Pelatihan ini sebagai langkah antisipasi apabila dikemudian hari terdapat masyarakat maupun Warga Binaan berkebutuhan khusus seperti tuna rungu dan tuna wicara, sehingga petugas kami mampu melayani mereka dengan maksimal melalui penyampaian informasi yang dapat mereka mengerti,” ujarnya.

Agus menyebut, dengan keterampilan bahasa isyarat yang dimiliki oleh para petugas Lapas Banyuwangi dapat meningkatkan kualitas layanan publik dengan memastikan setiap orang memiliki akses yang sama dalam memperoleh informasi maupun layanan di Lapas Banyuwangi.