Pastikan Steril Dari Barang Terlarang Satgas Kamtib Kemenkumham Jatim Sidak Kamar Hunian Lapas Banyuwangi

Pastikan Steril Dari Barang Terlarang Satgas Kamtib Kemenkumham Jatim Sidak Kamar Hunian Lapas Banyuwangi

Banyuwangi milikrakyat.com – Tim Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi, Kamis (21/3) malam.

Kedatangan tim yang dipimpin langsung oleh Kepada Divisi Pemasyarakatan, Asep Sutandar itu guna memastikan Lapas Banyuwangi steril atau terbebas dari peredaran barang terlarang, khususnya handphone dan narkoba.

img 20240322 wa00736293813078575418341

Sedikitnya ada lima kamar hunian yang digeledah dan dipilih secara acak yaitu pada blok A, blok E, blok F dan blok G.

Kepala Divisi Pemasyarakatan melalui Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitas, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara Dan Keamanan, Tjahja Rediantana menyebut sidak yang dilakukan merupakan upaya deteksi dini untuk mencegah gangguan kamtib di Lapas.

Baca Juga  Bank BRI Unit Blambangan Banyuwangi Diduga Mengambil Keputusan Secara Sepihak Kepada Salah Satu Nasabah Kredit

Dari hasil penggeledahan yang berlangsung selama 90 menit, tim satgas kamtib tidak menemukan adanya handphone maupun narkoba. Tim hanya menyita barang yang disinyalir dapat disalahgunakan dan menyebabkan gangguan kamtib.

img 20240322 wa00757303903249062376956

“Dengan hasil ini, kami nyatakan bahwa Lapas Banyuwangi steril dari barang yang secara SOP dilarang berada di dalam Lapas,” ujar Tjahja.

“Untuk barang seperti botol kaca dan barang yang berbahan besi akan kami amankan untuk selanjutnya dimusnahkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya menciptakan lingkungan Lapas yang bersih dan terhindar dari peredaran handphone, pungli dan narkoba.