Pemkab Banyuwangi Dukung Desa Pakel Damai Sejahtera

Pemkab Banyuwangi Dukung Desa Pakel Damai Sejahtera

Banyuwangi milik-rakyat.com Harapan hidup damai dan sejahtera yang telah lama dinantikan warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi nampaknya bakal segera terwujud.

IMG 20240624 WA0155

Presidium Gerakan Pakel Damai dan Sejahtera (GPDS) yang warga bentuk dengan tekad perdamaian mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

IMG 20240624 WA0157

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono usai menggelar audiensi bersama Presidium Gerakan Pakel Damai dan Sejahtera (GPDS) di Pendapa Disbudpar, Senin (24/6).

IMG 20240624 WA0156

“Kami menyampaikan terimakasih kepada warga pakel karena sudah memiliki gagasan untuk Pakel yang damai dan sejahtera. Ini adalah transformasi menuju arah yang lebih baik dan damai,” kata Mujiono.

Sebagaimana diketahui Desa Pakel, Kecamatan Licin, merupakan desa yang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa. Diwilayah setempat juga menjadi lokasi investasi perusahaan perkebunan PT Bumisari Maju Sukses (PT Bumisari).

Baca Juga  Banyuwangi Ethno Carnival 2024 Diikuti 112 Desa yang Akan Menunjukkan Potensinya

Namun keberadaan konflik sosial, membuat masyarakat setempat tidak bisa menikmati manfaat keberadaan pelaku investasi.

Menurut warga, penyebab utamanya adalah adanya oknum luar daerah yang disinyalir telah menanamkan kebencian, perpecahan dan pemusuhan antar warga.

Bahkan, kelompok warga yang didampingi oknum luar daerah itu diduga kerap menebar rasa ketakutan dan permusuhan. Termasuk melakukan penebangan tanaman perkebunan milik PT Bumisari, sekitar 225 hektar.