Pemkab Banyuwangi Tampilkan Beragam Kreativitas Pelajar Di Hari Pendidikan Nasional 2024

img 20240503 wa00063182519694453235852

Banyuwangi milikrakyat.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Banyuwangi diperingati dengan meriah.

Beragam kreativitas para siswa ditampilkan dalam rangkaian Peringatan Hardiknas 2024 yang digelar di halaman Kantor Bupati Banyuwangi, pada Kamis (02/05/2024).

Upacara dimeriahkan atraksi ratusan siswa pelajar tingkat sekolah dasar (SD) yang menarikan tarian Buto Kuntul. Sebanyak 150 pelajar SD tersebut membawakan tari hasil kolaborasi Tari Jaranan Buto dan Tarian Kuntulan dengan sangat atraktif.

Tarian ini memadukan dua tarian yang berbeda.Jaranan Buto berangkat dari legenda cerita rakyat, sedangkan tarian Kuntulan adalah tarian yang mengungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan YME.

“Tarian ini sebagai bentuk bagaimana karakter itu dibentuk, dan bagaimana kita menjaga hubungan dengan Alloh SWT, juga hubungan dengan sesama manusia. Karakter itu sendiri menjadi bagian penting dari sebuah pendidikan,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani secara terpisah.

Baca Juga  Oknum Kades Di Banyuwangi Bagikan Video Diduga Video “Yes No” Di Group WhatsApp

“Ini menunjukkan bahwa pelajar di Banyuwangi harus turut melestarikan kesenian daerahnya agar terus lestari,” imbuh Ipuk.

Selain atraksi seni, juga ditampilkan kreativitas siswa dalam sebuah pameran. Beragam karya pelajar SMP/SMA dihadirkan seperti ketrampilan robotika, membatik dan hasil kopi olahan pelajar.

Juga ada produk laundry (bahan pencuci baju), lilin arometeraphy, sampai mesin pengeram telur.