Polresta Denpasar Gelar Rapat Koordinasi Jelang Pengamanan Idul Fitri 1445 H

IMG 20240330 WA09141

Denpasar, Bali milik-rakyat.com Polresta Denpasar mengelar Rapat Koordinasi Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijiriah, yang diselenggarakan pada Sabtu, tanggal, (30/Maret/2024), pukul 09.13 Wita, di Gedung Pesat Gatra Lantai III Polresta Denpasar hal ini unutk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perayaan Idul Fitri.

Acara tersebut dipimpin oleh Wakapolresta Denpasar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H., yang menggarisbawahi pentingnya kerjasama dan sinergi antara berbagai pihak terkait dalam menjaga keamanan selama libur Lebaran. Hadir dalam rapat tersebut adalah perwakilan dari berbagai instansi, termasuk Walikota Denpasar, Bupati Badung, Dandim 1611 Badung, tokoh adat, tokoh agama, serta pejabat utama Polresta Denpasar dan jajaran Polsek.

Wakapolresta Denpasar menyampaikan bahwa lonjakan aktivitas masyarakat selama Hari Raya Idul Fitri, baik mereka yang akan melakukan mudik maupun yang berkunjung ke Pulau Bali, menuntut perhatian khusus dalam pengamanan.

“Sinergitas antara pemangku kepentingan diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang efektif dalam pelaksanaan pengamanan, dengan memprioritaskan sikap humanis serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu dalam paparannya, Kabag Ops Polresta Denpasar, Kompol I Ketut Tomiyasa, SH., MH., menjelaskan bahwa Operasi Ketupat Agung 2024, yang merupakan operasi terpusat langsung dari Mabes Polri, mengarahkan fokus pengamanan pada jalur-jalur utama, masyarakat yang melakukan mudik, serta penanganan peningkatan volume kendaraan selama periode mudik. Kerjasama dengan stakeholder lainnya menjadi kunci dalam menjaga keberhasilan operasi ini.

Kasatpol PP Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, menegaskan pentingnya kolaborasi antara Polresta Denpasar dan pemerintah kabupaten dalam menjaga keamanan, terutama di wilayah Kuta yang seringkali menjadi titik rawan. Langkah konkret seperti penertiban parkir liar di pinggir jalan menjadi salah satu prioritas dalam upaya menjaga ketertiban.

Sementara itu, Kadishub Kota Denpasar, I Ketut Suryawan. SE, menyampaikan bahwa pemerintah kota telah mengambil langkah-langkah pengamanan dengan mendirikan posko di beberapa titik strategis di wilayah Kota Denpasar. Program pasar murah yang digagas oleh Walikota Denpasar juga menjadi bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama periode libur Idul Fitri.

Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan seluruh pihak dapat bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Idul Fitri, sehingga masyarakat dapat merayakan momen keagamaan ini dengan aman dan tenteram.( red/humas/dayat )