Posyandu Jiwa, Cara Banyuwangi Pulihkan Serta Berdayakan Pasien ODGJ

Posyandu Jiwa, Cara Banyuwangi Pulihkan Serta Berdayakan Pasien ODGJ

Banyuwangi milik-rakyat.com Di Banyuwangi terdapat Posyandu Jiwa yang khusus menangani pasien dengan gangguan mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Selain mendapat pelayanan pemulihan kesehatan mental, mereka juga dilatih dan diberdayakan sesuai dengan passion mereka.

Dengan melibatkan relawan dari masyarakat sekitar, serta pendampingan dan pengawasan tim kesehatan jiwa dari Puskesmas para pasien ODGJ ini diberdayakan. Ada yang diarahkan sebagai pelaku seni, penjahit, hingga usaha kuliner.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berkesempatan melihat langsung keahlian para pasien ODGJ ini menampilkan seni jaranan, di Balai Dusun Karangrejo, saat kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), di Desa Cluring, Kecamatan Cluring, pada Kamis (27/06/2024).

Baca Juga  Keliling Desa, Bupati Ipuk Dorong Petani Terapkan Sistem Pertanian Organik

Mereka ada yang menjadi penabuh gamelan, ada juga yang menjadi penari jaranan buto.

“Ini program yang sangat baik. Selain kesehatan mentalnya dipulihkan, para pasien ODGJ juga diberdayakan, sehingga lebih mudah bagi mereka diterima masyarakat,” kata Bupati Ipuk.

“Lewat program ini, para pasien ODGJ mendapat dukungan warga sekitar, harapannya bisa segera pulih,” tambah Ipuk.

Program Posyandu kesehatan jiwa ini digagas oleh Puskesmas Benculuk, Kecamatan Cluring. Program ini melibatkan masyarakat sekitar yang tergabung dalam relawan “Kader Jiwa” yang bertugas membantu tim kesehatan jiwa Puskesmas.