Promotor Keselematan Berlalu Lintas, Polresta Banyuwangi Bagikan Ratusan Helm Pada Siswa SD

Promotor Keselematan Berlalu Lintas, Polresta Banyuwangi Bagikan Ratusan Helm Pada Siswa SD

BANYUWANGI milikrakyat.com – Polresta Banyuwangi membagikan helm kepada ratusan siswa sekolah dasar di wilayah setempat. Helm dibagikan di dua tempat diantaranya di SDN 1 Mojopanggung dan SDN 4 Penganjuran, Selasa (19/3/2024).

Pembagian helm ini menjadi bagian dari program “Resta BWI Peduli”. Fokusnya adalah upaya menekan angka kematian akibat kecelakaan yang menimpa anak-anak.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono mengatakan hampir 90 persen orang tua lalai memberikan helm kepada anaknya saat mengantar ke sekolah. Hal itu jelas membahayakan keselamatan anak dan perlu diedukasi.

img 20240319 wa00598838313809715665271

Sebab berdasarkan data Satlantas Polresta Banyuwangi angka kecelakaan yang melibatkan anak di Bumi Blambangan terbilang tinggi.

Terhitung sejak Januari 2023 hingga Februari 2024 terdapat ratusan anak yang terlibat dalam insiden kecelakaan. Sebanyak 13 anak meninggal dunia, 1 luka berat dan 213 luka ringan.

Baca Juga  Warga Laporkan 2 Caleg Yang Diduga Lakukan Pelanggaran Pemilu Ke Bawaslu

“Pembagian helm ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan keselamatan anak-anak di jalan raya. Banyak kematian anak karena kecelakaan disebabkan karena tidak memakai helm,” kata Nanang kepada wartawan.

Kebanyakan orang tua siswa berdalih tak memakaikan helm sebab jarak rumah dengan sekolah dekat. Kapolresta menegaskan bahwa alasan itu tak bisa dibenarkan.

“Jauh ataupun dekat harus tetap mematuhi aturan berlalu lintas, ini demi keselamatan,” terangnya.