Revitalisasi Pasar Banyuwangi Mulai Mei 2024 Pemkab Segera Relokasi 352 Pedagang

img 20240426 wa00253574883088064337346

Banyuwangi milikrakyat.com – Pemerintah pusat akan melakukan Revitalisasi Pasar Banyuwangi menjadi pusat perbelanjaan dan kawasan heritage pada pertengahan tahun 2024 ini.

Pemkab Banyuwangi pun segera melakukan relokasi pedagang pasar Banyuwangi untuk memperlancar pelaksanaannya.

Pekerjaan revitalisasi Pasar Banyuwangi akan dimulai akhir Mei 2024. Para pedagang akan direlokasi ke Gedung Wanita Paramitha Kencana dan areal sekitarnya yang lokasinya 200 meter dari pasar Banyuwangi.

“Proses relokasi akan kita mulai 1 sampai 7 Mei. Pemkab akan menyiapkan armada untuk mobilisasi barang dagangan, termasuk tenaga driver dan BBM nya.

Kendaraan ini akan standby di areal pasar Banyuwangi selama proses relokasi,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, pada Kamis (25/04/2024).

Baca Juga  Muliakanlah Orang Tuamu Selagi Ada Juga Sebelum Tiada

Pasar Banyuwangi akan direvitalisasi menjadi pusat perbelanjaan dan destinasi heritage yang terintegrasi dengan Asrama Inggrisan, eks kantor dagang Inggris.

Revitalisasi Pasar Banyuwangi ini sepenuhnya dibiayai Kementerian PUPR dengan anggaran kurang lebih Rp 200 miliar.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi, Nanin Oktaviantie menambahkan, sekitar 352 pedagang akan direlokasi.

Para pedagang akan ditempatkan sesuai dengan zonasi seperti; area pangan basah, pangan kering, siap saji dan non-pangan.

“Para pedagang akan menempati lokasi ini selama proses revitalisasi berlangsung. Diperkirakan pekerjaannya memakan waktu selama satu tahun,” ujar Nanin.