Ribuan Penggemar Sepeda Tua Se-Jawa Bali Hadir Di Festival Onthel Nusantara Banyuwangi

img 20240526 wa01841675642084887452897

Banyuwangi milikrakyat.com – Ribuan pecinta sepeda tua atau onthel berpartisipasi dalam “Festival Onthel Nusantara” yang digelar di Banyuwangi.

Mereka mengayuh sepeda tuanya sejauh 12 kilometer mengelilingi rute perkotaan dan sejumlah destinasi ikonik di Banyuwangi, Minggu (26/05/2024).

Festival ini diikuti 2000 peserta dari 35 Kabupaten/kota se-Jawa dan Bali, dan menjadi peserta terbanyak sepanjang gelaran event serupa.

Penampilan mereka kian menarik dengan mengenakan kostum dan aksesoris unik, mulai dari kostum tradisional seperti kebo-keboan, gandrung, jebeng-thulik, tentara veteran, seragam sekolah SD, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, sepeda yang dipakai juga penuh variasi.

Memulai Start di GOR Tawangalun, mereka yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) berkeliling kota menuju tempat-tempat ikonik Banyuwangi, seperti Pendopo Sabha Swagatha, Taman Blambangan, Taman Makan Pahlawan, Marina Boom, serta tempat lainnya.

Baca Juga  Tambang Pasir yang diduga Ilegal di Sungai Ular Desa Citaman Jernih-Sergai Masih Beroprasi

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyampaikan, Festival Onthel Nusantara kian melengkapi ajang sport tourism yang diusung oleh Pemkab Banyuwangi untuk mewadahi komunitas pecinta sepeda.

“Ajang ini menjadi warna baru dan semakin melengkapi ajang sepeda di Banyuwangi. Di Banyuwangi juga digelar Drag Bike, Balap Roadrace, Ijen Downhill, BMX, dan lainnya,” kata Bupati Ipuk.

“Kami konsisten untuk menggelar event sport tourism, karena ini merupakan salah satu sektor wisata yang peminatnya sangat besar. Seperti terlihat dari jumlah peserta di event ini,” tambah Ipuk.