Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) UNIBA Gelar Workshop

Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) UNIBA Gelar Workshop

Banyuwangi milikrakyat.com – Kamis pagi tanggal 13 Juni 2024 Ruang A-5 Kampus B Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) telah diramaikan oleh para mahasiswa perwakilan BEM, DPM, Himaprodi, dan UKM yang akan mengikuti Workshop 6 Anti (Anti Kekerasan Seksual, Anti Bullying, Anti Intoleransi, Anti Radikalisme (Moderasi Beragama), Anti Pernikahan Dini, dan Anti Narkoba).

Workshop tersebut diinisiasi oleh Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNIBA.

Satgas PPKS UNIBA pembentukannya dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Satgas PPKS di perguruan tinggi memiliki tugas salah satunya melakukan survei kekerasan seksual paling sedikit 1 kali dalam 6 bulan pada perguruan tinggi. Jika terbukti masih terdapat perguruan tinggi yang tidak membentuk Satgas PPKS, maka Kemendikbudristek akan menurunkan status akreditasi perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga  Warinto Ketua Pemenangan Cagub Jateng "Sudaryono" Melakukan Konsolidasi dan Deklarasi Pemenangan

Tofan P. Adinata, S.Hi., M.Si. sebagai Ketua Satgas PPKS UNIBA menyatakan bahwa sejak didirikan pada tanggal 28 Maret 2024 telah dilaksanakan beberapa giat terkait diantaranya yaitu Rakor Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII, Penyusunan Pedoman 6 Anti, Bimtek bagi Satgas PPKS di lingkungan LLDikti Wilayah VII, dan Penetapan Duta 6 Anti.