Telah Menyasar 3000 Lansia, Banyuwangi Terus Salurkan Rantang Kasih

Telah Menyasar 3000 Lansia, Banyuwangi Terus Salurkan Rantang Kasih

Banyuwangi milik-rakyat.com Program pemberiaan makanan siap saji bergizi setiap hari kepada lansia sebatang kara terus disalurkan Pemkab Banyuwangi. Program yang diberi nama Rantang Kasih ini telah menyasar 3.000 lebih lansia yang ada di Banyuwangi.

Rantang Kasih yang digulirkan Pemkab Banyuwangi untuk membantu warga lanjut usia (lansia) dhuafa sebatang kara. Program tersebut dilakukan dengan memberdayakan warung-warung yang berada di sekitarnya.

Digulirkan sejak tahun 2017, program ini telah menyasar lebih dari 3.000 lansia miskin se-Banyuwangi. Tahun ini, Rantang Kasih kembali disalurkan dengan target sasaran sekitar 1.500 lansia lansia penerima manfaat

“Program-program yang sudah berjalan dan terbukti membawa dampak positif bagi warga akan terus kami lanjutkan, tentu dengan berbagai penyempurnaan,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menengok lansia penerima Rantang Kasih di sela program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga  Tim Relawan Pilar 08, Aktor Dibalik Kemenangan Hasil Quick Count Paslon 02 di Jawa Timur

Pada tahun 2024 ini, dianggarkan sekitar Rp. 6,1 Miliar oleh pemkab untuk pemberian rantang kasih bagi 848 lansia. Tidak hanya pemkab, namun pemerintahan desa, Badan Amil Zakat (Baznas) Banyuwangi, juga CSR dari sejumlah pihak bergandengan turun untuk mendukung program ini.

Kami tidak sendiri, namun juga didukung pemerintahan desa, baznas, maupun dari sejumlah korporasi lewat CSR nya yang ikut mendukung dan membantu program ini agar sasarannya lebih luas lagi,” kata Ipuk.