Upaya Pandai Besi Banyuwangi Bersaing Dengan Produk Pabrikan, Jaga Kualitas Dikirim Luar Kota

Upaya Pandai Besi Banyuwangi Bersaing Dengan Produk Pabrikan, Jaga Kualitas Dikirim Luar Kota

Banyuwangi milikrakyat.com – Para pandai besi di desa-desa Banyuwangi terus bertahan di tengah gempuran produk pabrikan peralatan dapur dan pertanian yang beredar di pasaran. Dengan kualitas yang terus terjaga secara turun temurun, mereka masih menerima banyak pesanan bahkan hingga ke berbagai provinsi.

Di desa-desa Banyuwangi terdapat banyak sentra pandai besi. Di antaranya di Desa Kabat Kecamatan Kabat, Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran, Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo, Desa Lemahbangkulon Kecamatan Singojuruh, Desa Sumberbaru Kecamatan Singojuruh.

Mereka bertahan dengan menjaga kualitas yang didapat secara turun-temurun. Salah satunya Kandar Nurhadi, pandai besi asal Dusun Kendal, Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh. Hingga kini Kandar tetap menerima pesanan di berbagai wilayah Banyuwangi dan Jember, hingga berbagai provinsi.

Baca Juga  Diduga Produksi dan Edarkan Kosmetik "Bodong" Berkedok Produsen Parfum Laundry Tanpa Perijinan Yang Jelas (PART 1)

“Biasanya melayani pesanan dari Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Sumbawa. Mereka langsung pesan pada saya,” kata Kandar.

Dusun Kendal Desa Sumberbaru memang telah lama dikenal sebagai kampung pandai besi.

Di desa ini terdapat puluhan pandai besi yang membuat berbagai peralatan dapur berbagai ukuran. Mulai dari pisau untuk potong buah, hingga pisau berukuran besar untuk potong daging. Ada juga produksi cangkul, celurit, sekop, dan lainnya.

Para pandai besi di desa ini juga bisa membuat aneka senjata untuk kebutuhan seni, seperti pedang atau golok dengan ukiran khusus pesanan.